Komisi XI Pembobolan ATM Bisa Berdampak Sistemik

JAKARTA – Tak hanya skandal Bank Century yang dianggap merusak tatanan perekonomian, kasus pembobolan dana nasabah melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) baru-baru ini, juga dinilai berdampak sistemik dan berpotensi membuat bank bersangkutan rush.

Hal ini disampaikan anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal. “Saya kira Komisi XI harus segera memanggil BI dan beberapa bank yang dibobol. Supaya mereka segera melakukan langkah antisipatif,” ujarnya kepada okezone di kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (22/1/2010).

Menurut Mustafa masalah ini semetinya tidak hanya ditindaklanjuti oleh Kepolisian sebagai kasus kriminal. Namun, lebih dari itu oleh Bank Indonesia selaku Bank Central serta komisi perbankan DPR.“Karena ini masalah yang tidak sederhana dan bisa berdampak sistemik. Ini bisa saja mejadi rush bagi bank, karena ada penarikan besar-besaran atas dana nasabah karena mereka (nasabah) tidak lagi percaya dengan Bank,” jelasnya.Persoalan ini, dinilai Mustafa, sebaga gejala awal. ”Mumpung belum jauh bank harus melakukan langkah antisipasi. Saya rasa komisi XI juga harus segera melakukan kunjungan ke tempat itu. Saya akan suarakan itu,” pungkasnya. (ded)