Komisi III Seleksi Calon Hakim Agung

JAKARTA – Komisi III DPR RI segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 21 calon hakim agung yang disodorkan oleh Komisi Yudisial (KY). Rencananya, fit and proper test ini akan dilaksanakan secara terbuka selama empat hari, Senin 15-18 Februari 2010.

“Ketentuan undang-undang mengenai seleksi calon hakim agung, dewan mempunyai kewenangan untuk memilih sebanyak-banyaknya 1/3 dari yang diusulkan, dewan mempunyai kewenangan untuk memilih sesuai harapan publik dan dewan,” terang Ketua Komisi III, Benny K Harman dalam keterangan pers di Gedung DPR, Selasa (2/2/2010).

Namun bukan berarti Komisi III akan meluluskan 7 dari 21 calon hakim agung yang disodorkan. Karena, jika ternyata semua calon hakim agung yang disodorkan tidak memenuhi syarat, maka dewan akan menolak semua nama usulan KY ini.Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi III, Fahri Hamzah mengatakan, apa yang dilakukan Komisi III saat ini sebagai upaya memulai tradisi baru agar masyarakat bisa mengetahui dan menilai lebih awal siapa calon hakim agung yang akan dipilih.”Kami ingin mengakhiri dugaan bahwa hakim-hakim ini titipan partai politik. Kami ingin buka kepada publik untuk dinilai mana yang layak,” tegas Fahri.Latar belakang calon hakim agung yang akan diseleksi oleh Komisi III terdiri dari 15 orang berasal dari jalur hakim karier dan enam calon berasal dari hakim nonkarir. Untuk yang nonkarir, sebanyak lima orang berasal dari kalangan perguruan tinggi dan seorang diusulkan dari Direktorat TNI-AD.Berikut nama hakim agung yang diusulkan Komisi Yudisial kepada Komisi III:1. Yulius (Hakim Karier)2. Sutoyo (Hakim Karier)3. Kol CHk Natsri Anshari (Nonkarier)4. Brigjen TNI Burhan Dahlan (Hakim Karier)5. Wijayanto Setiawan (Nonkarier)6. Surya Jaya (Nonkarier)7. Salman Luthan (Nonkarier)8. Soltoni Mohdally (Hakim Karier)9. Madya Suhardja (Hakim Karier)10. Sjam Amansjah (Hakim Karier)11. Basuki Rekso Wibowo (Nonkarier)12. Nommy HT Siahaan (Hakim Karier)13. Yohanes Sogar Simamora (Nonkarier)14. Soemarno (Hakim Karier)15. Abdul Wahid (Hakim Karier)16. Supandi (Hakim Karier)17. Achmad Yamanie (Hakim Karier)18. Purnawati (Hakim Karier)19. Muhammad Saleh (Hakim Karier)20.Fransiscus Loppy (Hakim Karier)21.Moerino (Hakim Karier) (hri)