Komisi III Panggil Menteri Patrialis Pekan Depan

JAKARTA – Komisi III DPR akan memanggil Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar terkait fasilitas mewah yang diberikan Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan bagi napi kelas kakap, seperti Arthalita Suryani atau Ayin.
 
“Sudah kita jadwalkan dalam rapat kerja dengan Komisi III pekan depan. Tapi saya lupa tepatnya kapan,” terang Ketua Komisi III Benny Kabur Harman di sela-sela break pemeriksaan Boediono di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/1/2010).

 

Dalam raker itu, kata Benny, tidak hanya dibahas masalah kemewahan sel napi kelas kakap saja, masalah seputar lapas dan rutan juga. “Kita akan minta penjelasan kepada Menkum dan HAM, karena dia harus bertanggung jawab soal ini,” tambahnya.
 
Benny juga mengusulkan Depkumham membentuk tim independen untuk mengusut sel mewah napi kelas kakap ini. “Tugas tim independen itu untuk menginvestigasi dan memberi rekomendasi seperti bagaimana melakukan dan melaksanakan rekomendasi itu, khususnya lapas di seluruh Indonesia,” paparnya.
 
Bagaimana dengan peran satgas mafia hukum? “Satgas hanya menemukan masalahnya apa. Bagaimana menyelesaikan masalah ini kembalikan ke lembaga yang berwenang,” tukasnya. (ram)