Koalisi Anti Utang Minta Pemerintah Tak Lagi Berutang

JAKARTA – Koalisi Anti Utang (KAU) meminta pemerintah Indonesia tidak memanfaatkan kunjungan presiden AS Barack Obama ke Indonesia untuk membuat utang luar negeri baru. Pemerintah bahkan disarankan untuk mengajukan penghapusan utang ke negara adidaya tersebut.

“Kedatangan Obama kesini, jangan dimanfaatkan untuk membuat kontrak baru pengucuran utang luar negeri,” ujar Koordinator Program KAU Yuyun Harmono saat berbincang dengan okezone via telepon, Rabu (3/2/2010).

Dia berpendapat, pengajuan utang baru akan berimbas kepada beban negara untuk menutup utang tersebut. “Padahal utang sekarang saja sudah banyak,” katanya.Obama sendiri rencananya akan mengunjungi Indonesia pada Maret 2010 mendatang. Dalam pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, akan dibahas sejumlah agenda di antaranya kemitraan AS-Indonesia. Yuyun sendiri menyarankan pertemuan ini dimanfaatkan pemerintah untuk mengajukan permohonan penghapusan utang luar negeri. Mekanismenya dengan cara kondisi keuangan negara yang terkuras untuk penanggulangan sejumlah bencana alam di Indonesia. “Haiti menjadi contohnya, AS menghapus utang Haiti karena Haiti tengah dilanda bencana gempa bumi,” papar dia. (frd)(hri)