Knalpot Pesawat Timpa Rumah, Dephub Lakukan Penyelidikan

MEDAN – Terkait jatuhnya sebuah knalpot pesawat yang menimpa rumah seorang warga di Medan, Sumatera Utara, Senin 15 Februari, pihak Departemen Perhubungan (Dephub) akan melakukan penyelidikan langsung di Medan.

Hal ini disampaikan oleh Administratur Bandara Polonia Medan Razali Abubakar, Selasa (16/2/2010). “Tim dari Dirjen Udara Dephub sedang melakukan investigasi terkait peristiwa tersebut,” ucap Razali kepada wartawan di Medan.

Tim investigasi Departemen Perhubungan ini akan mengusut kejadian jatuhnya knalpot pesawat milik maskapai penerbangan Riau Airlines tersebut. Jika ketahuan lalai, maskapai penerbangan dan pilot bisa dikenakan sanksi keras.Tim investigasi yang baru saja sampai di Medan tadi pagi, akan meminta keterangan kepada pihak bandara, maskapai penerbangan dan pilot pesawat sehubungan peristiwa tersebut. Sebelumnya, pihak Dephub sendiri malah mengetahui kejadian tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat, bukan dari pihak otoritas terkait.Sementara itu, knalpot pesawat milik Riau Airlines jenis Fokker 50 tersebut jatuh menimpa rumah Maruli Hutabarat, di Jalan Jamin Ginting, Pasar VI, Medan, Senin kemarin sekira pukul 08.00 WIB. Akibatnya, atap rumah korban jebol. Bahkan sejumlah peralatan rumah tangga termasuk kulkas milik korban mengalami kerusakan.Pesawat itu sendiri baru saja akan mendarat di Bandara Polonia Medan setelah terbang membawa penumpang dari Bandara Binaka, Gunung Sitoli, Nias. Sedangkan rumah korban berada tak jauh dari lokasi runway Bandara Polonia Medan. (mbs)