Kiblat Masjid Agung Demak Juga Salah

SEMARANG – Masjid Raya Baiturahman Semarang bukan satu-satunya yang kiblatnya kurang tepat. Masid Agung Demak yang merupakan peninggalan Walisongo juga mengalami kekurangtepatan kiblat.

“Masjid Agung Demak mengalami pergeseran arah kiblat 14 derajat kurang ke utara. Ini sangat besar karena bergeser 1.498 kilometer dari kabah,” papar Muhammad Syafiq, Kasi Pengembangan Kemitraan Umat Bidang Urais Kanwil Depag Jawa Tengah.

Syafiq memaparkan bahwa semua masjid agung di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah arah kiblatnya bergeser. “Pergeserannya bervariasi antara 2 derajat hingga 28 derajat.Contohnya Masjid Agung Baitul Makmun Grobogan bergeser 14 derajat. Masjid Kantor Bupati Grobogan geser 17 derajat. Masjid Agung Sukoharjo gesernya mencapai 28 derajat kurang ke utara atau kibaltnya 2.996 kilometer dari kabah,” ungkapnya.Apakah semua masjid salah kiblatnya? Ternyata tidak. Satu-satunya masjid yang tepat kiblatnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Dicek dengan ilmu astronomi, ilmu falak atau google earth menunjukkan MAJT sudah tepat kiblatnya.Sepanjang 2009 hingga kemarin Tim Verifikasi Arah Kiblat telah melakukan pengukuran ulang di semua masjid agung di seluruh Jawa Tengah. Di tahun 2010 tim ini akan melakukan pengukuran ulang kiblat di seluruh masjid dan musala. Kemungkinan semakin banyak catatan masjid yang mengalami kesalahan arah kiblat. (fit)