Ketua DPR Akun PKI sebagai Pribadi, Silakan Saja!

JAKARTA – Munculnya akun Partai Komunis Indonesia (PKI) 2010 di jejaring sosial Facebook, menuai banyak reaksi. Ketua DPR Marzuki Alie, menganggap akun ini sebagai bentuk ekspresi pribadi yang tidak perlu diributkan.

Menurut Marzuki, PKI memang organisasi terlarang sesuai TAP MPR Nomor 25 Tahun 1966. Karena itu, komunisme sebagai organisasi tetap terlarang di Indonesia.

“Ini era Demokrasi, tapi semua harus mengikuti konstitusi. PKI sebagai organisasi terlarang dan sampai sekarang tidak pernah dicabut,” ujar Marzuki di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/1/2010).Namun terkait Facebook sebagai akun pribadi, Marzuki berpendapat, hal itu sah-sah saja dilakukan. “Ini kan bukan politik. Kalau sebagai ideologi orang masing-masing ya silakan, tapi tidak sebagai organisasi,” pungkasnya.Sebelumnya, muncul grup Facebook berlambang palu dan arit yang mengingatkan pada gerakan komunis yang muncul di tahun 1965.Pada laman akun bernama ‘Partai Komunis Indonesia 2010’ itu tidak terdapat keterangan admin yang mengelola grup ini, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan apakah grup ini dimaksudkan untuk sekadar iseng belaka atau satu gerakan yang serius.Dalam pantauan okezone, akun Facebook ini telah menarik anggota sebanyak 1.946 orang. Anggotanya terus bertambah 2 hingga 3 orang setiap menitnya.(ded)