Kesaksian Susno Mentahkan Kesaksian Penyidik

JAKARTA – Kehadiran Komjen Pol Susno Duadji di persidangan Antasari Azhar sebagai saksi yang meringankan terdakwa cukup mengejutkan. Dalam kesaksiannya Susno membenarkan penyidik memberikan tekanan kepada Williardi Wizar.

Hal tersebut dibenarkan kuasa hukum Antasari Juniver Girsang di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/1/2010).

Juniver mengatakan, kehadiran Susno untuk menjelaskan kesaksian yang telah disampaikan oleh istri Williardi, Novarina. Seperti yang pernah dikatakan Nova, suaminya tidak diberi kebebasan oleh penyidik dalam pemeriksaan. Namun hal ini dibantah para penyidik yang juga menjadi saksi di persidangan.Kemudian hal ini dibantah kembali oleh Susno. Mantan Kabareskrim ini membenarkan adanya tekanan terhadap Williardi, hingga kemudian merevisi BAP tanggal 29 ke 30 April.”Ini sudah ada gambaran, betul yang dialami itu ada suasana kebatinan dalam arti suasana yang tidak kondusif. Akhirnya dia membuat BAP yang sebetulnya bukan kehendak dia sendiri sebagaimana yang disampaikan dalam pengadilan,” tuturnya.”Akhirnya beliau memanggil petugas dan penyidik untuk diberi hak-haknya Williardi sesuai ketentuan KUHAP,” kata Juniver.Kemudian, Susno juga menyampaikan adanya tim yang dibentuk untuk mencari motivasi yang terjadi dalam kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen, bos PT Putra Rajawali Banjaran. (hri)