Kerja Anggota DPR Tak Perlu Komputer Canggih

JAKARTA – Lagi-lagi, para anggota dewan yang bermarkas di Senayan disuguhi fasilitas mewah. Satu unit komputer bermerek Dell kini terletak di atas meja para anggota dewan, termasuk para stafnya.
 

Komputer dengan spesifikasi tinggi itu mungkin sengaja disebar untuk menunjang kinerja para legislator. Tapi apakah hal itu berkaitan?

 
“Tidak ada relevansinya sama sekali. Memang DPR itu apa sih kerjanya?” ujar pakar politik Universitas Indonesia Prof Iberamsjah kepada okezone, Rabu (20/1/2010).
 
Diketahui, harga komputer Dell seri Studio One 19 itu berkisar USD1.644 per unit. Dengan harga sekira Rp15 juta, satu setiap unitnya dilengkapi dengan LCD berukuran 18,5 inci, keyboard, dan optical mouse.
 
“DPR itu sudah tidak punya sense of crisis. Anggota DPR sekarang kan DPR karena kecelakaan, ya seperti Ruhut itu,” tambahnya.
 
Menurut Iberamsjah, segudang fasilitas mewah yang didapat para anggota DPR tak lebih hanya sekadar untuk dinikmati orang-orang di sekitarnya. Termasuk mobil dinas Toyota Crown Royal Saloon yang juga didapat para petinggi DPR yang posisinya setingkat menteri.
 
“Rapat di RT saya saja lebih terstruktur daripada rapat di DPR. Paling-paling semua itu dipake keluarganya saja,” tandasnya.
  (lam)