Kerasan di LP, Gunawan Nggak Mau Kabur Lagi

NUSAKAMBANGAN – Terpidana mati Gunawan Santoso yang kini meringkuk di LP Pasir Putih menunggu eksekusi algojo, mengaku tak berniat kabur lagi. Terpidana atas kasus pembunuhan Dirut PT Asaba ini mengaku kerasan tinggal di Nusakambangan, Jawa Tengah.

“Jujur saya katakan ngapain kabur? Di sini enak kok,” kata Gunawan Santoso saat ditemui okezone di Nusakambangan, Minggu (24/1/2010).

Gunawan mengaku, dirinya diperlakukan dengan baik di penjara Super Maximum Security LP Pasir Putih itu.“Saya di LP Pasir Putih diperlakukan layaknya sebagai manusia. Mana mungkin mau kabur? Tapi kalau diinjak-injak, ditendang, mau makan susah, sakit mau obat susah, ya pasti inginnya kabur terus,” akunya.Dia menjelaskan alasan saat kabur dari Salemba, Gunawan mengaku diperlakukan tak manusiawi. “Jujur iya. Saya dulu kabur karena perlakuan-perlakuan yang tak manusiawi. Tapi sudahlah. Itu sejarah bagi saya,” cetusnya.Gunawan yang meringkuk di Kamar No. A.2.16 LP Pasir Putih Nusakambangan menambahkan, pembinaan yang dilakukan penjaga dinilai sangat pas dan tepat. Sehingga tidak terpikir olehnya untuk kembali kabur.“Iya kalau pagi olah raga lalu ke gereja. Siang olah raga lagi dan nyantai, serta sorenya saya diberi kesempatan menyalurkan hobby memelihara ikan. Sesudah pukul 18.00 WIB baru masuk kamar,” paparnya. (kem)