Kemenkes Siap Tindak Tegas Calo Jamkesmas

JAKARTA – Maraknya calo program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) ditanggapi serius oleh Kementrian Kesehatan. Kepala Pusat Pembiayaan Jaminan Kesehatan Usman Sumantri mengaku siap menindak tegas para calo ini.

“Tugas kami agar Jamkesmas tepat sasaran. Sesuai tagline Ibu Menkes harus bersih, itu yang kami harapkan. Calo-calo itu akan kami tindak tegas. Ke depannya kami akan bekerja sama dengan kepolisian,” ujar Usman di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (10/2/2010).

Janji pemberantasan calo ini juga dikuatkan oleh Sekjen Menkes Ratna Rosita. Ratna meminta masyarakat untuk proaktif jika menemukan adanya calo-calo ini. “Kalau teman-teman pers tahu ada calo di puskesmas atau diamana pun, kasih tahu kami. Itu akan ada penyelidikan lebih lanjut,” jelas Ratna.Sebelumnya, Usman membeberkan tentang anggaran Kementerian Kesehatan yang akan dialokasi untuk prgram Jamkesmas ini mencapai Rp5,1 triliun.“Selain itu, kita sudah ada wacana untuk menganggarkan yang masyarakat tidak mampu namun tidak masuk Jamkesmas. Sudah dipersiapkan Rp1,2 triliun. Itu memang sudah jadi agenda tapi kita lihat dananya dulu,” jelas Usman.
 (ded)