Kemenangan Hatta Rajasa Sudah Diskenariokan

BATAM – Hatta Rajasa secara aklamasi sudah dinyatakan menang secara aklamasi dalam pemilihan Ketua Umum PAN dalam Kongres III di Batam, Kepulauan Riau.

Kemenangan Menteri Koordinator Perekonomian ini tampaknya sudah diskenariokan. Pasalnya, Ketua MPP PAN, Amien Rais mengakui sudah mempertemuakn kedua kandidat pada Sabtu dini hari.

“Saya minta keduanya datang ke ruangan ini jam 01.10 WIB pagi. Kalau ada pemilihan kan ada kotak-kotak suara. Ini kan tidak ada, peristiwa bersejarah ini kira-kira hanya akan memakan waktu 5,5 menit saja,” jelas Amien di Ball Room Hotel Planet Holiday, Batam, Sabtu (9/1/2010).”Mas Hatta duduk di sebelah kanan saya dan Mas Drajad di sebelah kiri. Saya pun menyanyikan lagu Bimbo, Matahari di sebelah kanan bulan di sebelah kiri. PAN adalah partai yang tangguh dan gagah,” tambah Amien.Dia menjelaskan pemilihan kali ini tidak ada voting dan Drajad Wibowo diminta untuk memberikan pernyataan.”Saya mengucapkan terima kasih kepada para pendukung. Saya mengerti ini mungkin agak membingungkan dan demi ukhuwah dan kebersamaan partai, seperti apa yang dikatakan Amien Rais tadi, bahwa matahari di kanan dan bulan di kiri, maka insya Allah Hatta Rajasa menjadi ketua umum,” ucap Drajad.Para peserta kongres pun seketika langsung meneriakkan kata-kata “Hidup Drajad.. .Hidup Drajad” dan merangsek ke panggung untuk menyalami kedua kandidat.Pimpinan sidang Zulkifli Hasan akhirnya menyatakan Hatta sudah terpilih secara aklamasi. “Apakah setuju?,” tanya Zulkifli. Pertanyaan itu langsung disambut ribuan kader dengan jawaban “Setuju”.Setelah itu Amien Rais langsung ke atas panggung dan memimpin doa. Rapat pleno kelima dengan adenda pemilihan Ketum pun akhirnya ditutup. Rencananya kongres akan ditutup nanti malam.Pernyataan mundur yang diungkapkan Drajad dalam pemilihan Ketum PAN kali ini bisa dibilang di luar dugaan. Padahal sebelumnya dia sudah yakin akan melenggang menjadi ketum PAN karena mendapat 70 persen dukungan DPD. (ton)