Kejar Pidana Korupsi, KPK Dalami Risalah Pansus

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi 21 risalah pemeriksaan panitia khusus angket Bank Century. KPK menjadikan dokumen tersebut untuk membantu pengembangan proses penyelidikan yang tengah berjalan.

“Tentu (risalah) ini akan dipakai KPK dalam rangka penyelidikan kasus Century untuk mencapai titik terang apakah dalam kasus Century terjadi tindak pidana korupsi yang melibatkan penyelenggara negara,” kata Kabiro Humas KPK Johan Budi kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/2/2010).

Johan menerangkan, risalah hasil kerja pansus di DPR tersebut tidak serta merta bisa dijadikan sebagai alat bukti. Risalah, Johan menambahkan dijadikan petunjuk untuk melangkah ke proses penyidikan. Guna memperdalam informasi, KPK hari ini meminta keterangan pegawai Direktorat Pengawasan Bank Indonesia, Pahla Santosa.Seperti diketahui, dalam kesimpulan awal sembilan fraksi di Pansus Century, tujuh fraksi bulat menyebut adanya pelanggaran dalam kebijakan kucuran dana talangan Rp6,7 triliun ke Bank Century. Mereka mendesak, indikasi penyimpangan yang ditemukan bisa diteruskan ke jalur hukum. (frd) (hri)