Kejagung No Comment Susno Bersaksi di Sidang AA

JAKARTA – Kejaksaan Agung tidak berhak menilai tindakan Susno Duadji yang bersaksi pada persidangan terdakwa Antasari Azhar kemarin. Apalagi, mengenai pakaian yang dikenakan Susno kala itu yaitu seragam polisi.
 
 

“Itu bukan kompetensi (Kejagung) untuk menilai, yang menilai kan polisi yang bersangkutan, kejaksaan mendengarkan keterangannya kok bukan kaitannya dengan seragam dinas atau sipil,” ujar Kapuspenkum Kejagung Didik Darmanto di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (8/1/2010).

 
Dia menegaskan, kesaksian Susno di persidangan kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen itu, tidak ada hubungannya dengan pakaian dinas. Menurutnya, yang menilai etis atau tidak itu penyelenggara sidang.
 
Didik juga menerangkan mengenai komentar JPU Cirus Sinaga yang terkesan menolak kesaksian Susno di persidangan. “Bukan menolak, tapi menanyakan. Tapi dia dipanggil sebagai saksi apa, kok pakai pakaian dinas, kan itu hanya nanya nggak apa-apa. Tanya gitu saja kok repot,” jelasnya.
 
Mengenai kehadiran Susno sebagai saksi meringankan terdakwa, Didik enggan menanggapi lebih jauh. Dia hanya mengatakan, sebaiknya ditanyakan lebih jauh tapi kenapa justru polisi sendiri yang bersaksi? Tanya dong siapa yang ajukan,” tandas dia. (lsi)