Kejagung KPK Tangani Kasus Anggodo dengan Baik

JAKARTA – Kejaksaan Agung meyakini sepenuhnya KPK akan cepat menangani kasus dugaan penyuapan oleh Anggodo Widjojo dengan benar.

“Kasus Anggodo sudah ditangani oleh lembaga berwenang. Kami percaya KPK bisa menangani kasus ini dengan baik,” kata Wakil Jaksa Agung Darmono di ruang kerjanya di Gedung Jaksa Agung, Jalan Sultan Hasunuddin, Jakarta Selatan, Jumat (8/1/2010).

Darmono juga menepis anggapan jika KPK akan lamban menangani kasus adik buronan kasus pengadaan sistem radio komunikasi terpadu (SKRT), Anggoro Widjojo itu.Sebaliknya, KPK justru mendapat kepercayaan masyarakat dan LSM untuk mengambil alih kasus yang kini ditangani kejaksaan agung. Sebut saja dugaan korupsi daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) yang diberikan Departemen Luar negeri kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Thailand.Darmono menambahkan, pihaknya baru akan turun tangan jika ditemukan adanya mafia hukum yang baru. “Bila timbul mafia hukum yang baru, barulah kita turun tangan,” imbuhnya.Mengenai nama-nama mafia hukum yang sudah dikantongi Polri, Darmono menyatakan pihaknya belum akan memintanya dari kepolisian. “Kita kan kerja sama. Kami bisa minta bisa juga beliau (Mabes) yang memberikannya kepada kami,” ucap Darmono.Mabes Polri sendiri mengaku sudah mengantongi nama-nama mafia hukum, Darmono menyatakan, pihaknya nanti timbul mafia hukum yang baru, barulah kita turun tangan.Terkait dengan makelar kasus ini, Darmono juga menunggu jika ada laporan dari masyarakat. “Nanti akan ada tindakan-tindakan yang bertumpu pada laporan dari masyarakat, sesuai UU dan ketentuan hukum yang berlaku,” jelasnya. (ton)