Kejagung Beri Sanksi Berat 46 Jaksa Selama 2009

SURABAYA – Sepanjang 2009, Kejaksaan Agung telah memberikan sanksi kepada 46 orang jaksa karena terbukti melakukan pelanggaran berat.
 
Namun dari 46 jaksa tersebut hanya enam orang yang diberhentikan. Tiga diberhentikan secara hormat dan tiga lainnya diberhentikan secara tidak hormat.

 

Sementara litu jaksa ainnya hanya mendapatkan hukuman administrasi seperti penundaan kenaikan pangkat atau dicopot dari jabatan struktural.
 
Jaksa Agung Hendarman Supanji, menyatakan yang termasuk pelanggaran berat ini adalah para jaksa yang terbukti menyalahgunaan wewenang seperti meminta uang suap.
 
“Mafia hukum masuk dalam kategori ini,” kata Hendarman Supanjdi saat meresmikan gedung Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Selasa (26/01/2010).
 
Dia menambahkan sepanjang 2009 lalu, pihaknya telah menerima 1.338 pengaduan dari masyarakat. Jumlah ini juga merupakan akumulasi dari laporan masyarakat yang masuk pada tahun-tahun sebelumnya.
 
Dari jumlah tersebut, sebanyak 845 pengaduan ditangani Kejagung di mana 270 kasus di antaranya sudah ditindak. Tindakan yang diambil, meliputi indsipliner tehadap 17 jaksa, penyalahgunaan wewenang terhadap 104 jaksa, dan melakukan perbuatan tercela yang melibatkan 60 jaksa. (ton)