Kejagung Akhir Januari Masuk Pengadilan

JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) menargetkan akhir Januari ini berkas Rafat Ali Rizvi dan Hesyam Al Warraq dalam kasus penggelapan dana Bank Century diharapkan tuntas dan segera dilimpahkan ke pengadilan.

Demikian diungkapkan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Marwan Effendy usai bertemu Satgas Antimafia Hukum di Kantor Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (6/1/2010).

“Kita harapkan harus selesai Januari ini. Kalau keterangan ahli selesai, maka selesai berkas kita tinggal menunggu dari Mabes Polri. Kita harapkan tak sampai akhir Januari,” kata Marwan.Dia menjelaskan, Tim Penyidik Jampidsus tinggal menunggu keterangan ahli dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan berkas money laundering yang kini masih disidik Mabes Polri. “Kan berkasnya mau digabung. Ini kan masuk program 100 hari kita,” imbuhnya.Kejaksaan saat ini tengah fokus pada tindak pidana yang dilakukan oleh Rafat Ali Rizvi selaku pemegang saham pengendali Bank Century dan Hesyam Al Warraq yang merupakan komisaris bank tersebut. “Kita akan melihat aspek pidana yang dilakukan Hesyam dan Rafat dulu, intinya kita fokus saja. Kita sudah siap (ke pengadilan),” kata Marwan.Sementara itu, terkait dengan temuan tim bersama penanganan penelusuran aset Bank Century di Hongkong, Marwan menjelaskan, pihak Hongkong telah mengkaji aset berupa surat-surat berharga yang disimpan di Standard Chartered Bank Hongkong.Jumlah aset tersebut sebesar USD650.005.942 dan aset berupa saving account pada ING Hongkong senilai USD388.845.415. Surat-surat berharga tersebut atas nama Rafat Ali Rizvi dan Hesyam Al Warraq. “Untuk yang di Hongkong, masih dikaji pihak Hongkong. Apakah surat-surat berharga itu memiliki nilai atau tidak. Namun, sudah ada kesediaan dari negara yang bersangkutan,” pungkas Marwan.Rafat dan Hesham merupakan pemegang saham pengendali Bank Century. Hesham yang berkebangsaan Saudi Arabia itu merupakan mantan komisaris utama yang juga menjadi pemilik Century. Sedangkan Rafat berkebangsaan Inggris yang juga pemilik Century. Dua nama ini bertanggung jawab atas penyimpanan aset-aset jaminan surat berharga Century di luar negeri. (ram)