Kebakaran di Mabes Polri Bukan karena Arus Pendek

JAKARTA – Ruang Babinkam Mabes Polri terbakar, kemarin. Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah akibat arus pendek listrik. Namun belakangan diketahui kebakaran itu disebabkan oleh kelalaian beberapa petugas yang membuang pontong rokok sembarang.
 

Demikian disampaikan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang di Kompleks Mabes Polri Jakarta, Rabu (17/2/2010). “Bukan korsleting. Kami enggak mau mengkambinghitamkan listrik. Dugaan sementara karena ada kelalaian dari pembuang pontong rokok,” ujar Edward.

 
Dugaan itu, kata Edward, diperoleh dari keterangan sejumlah saksi yang sempat beberapa petugas yang merokok di tempat yang sering dijadikan tempat beristirahat itu.
 
“Yang kebakaran itu hanya seperempat bagian dari satu ruangan yang lebarnya 2 x 3 meter. Itu sering dijadikan tempat istirahat,” katanya.
 
Sementara itu terkait adanya asap yang membumbung seperti terjadi kebakaran besar, Edward menjelaskan, karena di ruangan tersebut penuh dengan tumpukan kertas. “Karena ada kain dan kertas sehingga petugas sempat memecahkan kaca untuk mematikan api,” jelasnya.(ded)