Kebakaran Bandung, Polisi Kawal Pedagang Pasar

BANDUNG – Kepolisian belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran yang terjadi diPasar Ujung Berung, Bandung, Minggu malam. Polisi masih fokus mengawal para pedagang agar tidak terjadi aksi penjarahan.

“Kita masih belum bisa melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) karena api masih menyala. Olah TKP baru bisa dilakukan setelah api benar-benar padam. Saat ini, kita masih fokus mengawal pedagang agar tidak terjadi penjarahan,” kata Kapolresta Bandung Timur AKBP Viktor Manopo, Minggu (17/1/2010).

Hingga saat ini, polisi juga belum bisa memeriksa saksi-saksi terkait kebakaran tersebut. Sebab, kata Viktor, para pedagang masih sibuk menyelamatkan barang-barang yang tersisa.Kebakaran Pasar Ujung Berung juga meyedot perhatian pejabat Pemerintah Kota Bandung. Tampak Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda dan Sekda Edi Siswadi meninjau lokasi kebakaran. Selain itu, Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan juga ikut meninjau lokasi kebakaran.Tidak adanya sumber air di lokasi menjadi pemicu lamanya proses pemadaman api. Mobil pemadam kebakaran terpaksa harus bolak-balik menuju sumber air di Jalan Supratman yang berjarak lebih dari 15 kilometer.Sementara itu, sejumlah pedagang enggan berkomentar saat ditanya apakah kebakaran Pasar Ujung Berung terkait adanya rencana relokasi pasar tersebut.“Bisa saja, tapi itu belum jelas juga. Soalnya, Pasar Ujung Berung ini sudah beberapa kali terbakar. Terakhir tahun kemarin,” kata Edi, seorang pedagang pakaian yang kiosnya juga ikut terbakar. (ton)