Kawanan Pencuri Sapi Diringkus

BANDUNG – Lima pelaku pencurian sapi diamankan jajaran Polres Bandung dalam waktu yang berbeda. Mereka adalah Ujang Cahya, Oman, Encang Burhan, Dian Hadiansyah, dan Udin Solehudin.
 
 

Selain mencuri sapi, mereka juga terlibat dalam pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Dari tangan Ujang dan Oman, polisi menyita barang bukti berupa enam unit sepeda motor, dan tiga buah kunci T. Sementara dari tiga tersangka lain, polisi mengamankan satu unti mobil Mitshubishi Kuda yang digunakan untuk mengangkut sapi hasil curian, serta dua bilah golok.

 
“Mereka memiliki keterkaitan satu sama lain. Para tersangka masih kita amankan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ujar Kapolres Bandung AKBP Imran Yunus, Jumat (12/2/2010) sore.
 
Kasus pencurian sapi ini terungkap justru setelah tersangka tertangkap karena mencuri sepeda motor. Pada Minggu (3/1/2010) sekitar pukul 06.00 WIB, motor milik Dadan Karyana (33), raib di rumahnya Kampung Rancagadog RT 04 RW 02 Desa Tribakti Mulya, Kecamatan Pangalengan.
 
“Modus operandinya yaitu menggunakan kunci T. Tersangka kemudian membawa membawa kabur hasil curian,” kata Imran. Ternyata, Ujang juga terlibat pencurian dua ekor sapi di kawasan Pangalengan, tepatnya di sekitar kawasan Situ Cileunca Kecamatan Pangalengan. Ujang mengaku mencuri sapi bersama empat orang lainnya.
 
“Para tersangka dikenakan pasal 363 KUH Pidana tentang pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara,” katanya.
 
Imran menambahkan, modus yang dilakukan dalam mencuri sapi adalah, pelaku mengambil sapi dengan masuk ke dalam kandang. Setelah berhasil mengeluarkan dari kandang, sapi tersebut diangkut ke dalam mobil.
  (teb)