Katulampa Meluber, Warga Bogor Mengungsi

BOGOR – tingginya ketinggian air di bendungan Katulampa, Bogor, hingga mencapai 250 sentimeter membuat kapasitas air di bendungan tersebut melebihi batas normal.
 
 

Sehingga, air pun masuk ke rumah warga dan mengakibatkan puluhan warga yang rumahnya berada di sekitar bendungan Katulampa terendam air setinggi satu meter.

 
“Saya lagi menonton televisi tiba-tiba air masuk ke rumah dan saya langsung menyelamatkan diri,” kata seorang warga bernama Julius, Jumat (12/2/2010).
 
Menurutnya, kejadian banjir besar tersebut merupakan yang terparah sejak lima tahun lalu. “Kejadian ini dulu terjadi tahun 2007,” katanya sambil membersihkan rumahnya yang terkena banjir.
 
Saat ini, kondisinya bendungan Katulampa turun menjadi 200 sentimeter. Namun, kondisi tersebut tetap dalam status siaga. Sejumlah warga pun terpaksa mengungsi ke rumah warga yang lebih tinggi dan tak terkena banjir.
 
Diperkirakan, delapan jam kemudian banjir kiriman akan tiba di Jakarta. Karena itu, warga Ibu Kota terutama yang tinggal di bantaran kali Ciliwung diimbau untuk waspada.(teb)