Kasus Susno, Polisi Periksa Saksi Terkait

JAKARTA – Kasus Susno Duadji terkait kehadirannya sebagai saksi meringankan bagi terdakwa Antasari Azhar, sampai pada pemeriksaan saksi dan sejumlah pihak terkait.
 

 

Seperti dikatakan Wakadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Sulistyo Ishak, saat ini agenda pemeriksaan dari internal.
 
“Kita masih meminta keterangan dari saksi terkait. Kita juga meminta keterangan pada
pihak terkait,” ujar Sulistyo saat dihubungi wartawan, Senin (11/1/2010).
 
Namun Sulistyo enggan menyebutkan siapa saja saksi dan pihak terkait itu. “Kita belum mengatakan si A, Si B-nya, kita belum tahu kan kita baru nge-list. Tentu dalam proses pengadilan kan ada mekanismenya dari situ kita mau tahu seperti apa,” tandasnya.
 
Mengenai pernyataan Susno yang sudah melapor melalui sekretaris pribadi Kapolri Bambang Hendarso Danuri dan sekretaris pribadi Kabareskrim Mabes Polri sebelum bersaksi di sidang Antasari, Sulistyo mengatakan bahwa pihaknya masih akan meyelidiki dahulu.
 
“Kita itu ada mekanisme aturannya tentang hal-hal yang disampaikan beliau, apakah sudah termasuk kategori melapor apa belum. Itu nanti akan kita lihat dari aturan yang ada,” jelasnya.
 
Susno hadir di sidang mantan Ketua KPK sebagai saksi yang meringankan terdakwa pada Kamis 7 Januari lalu. Dia hadir dengan mengenakan seragam Polri. Hal ini menimbulkan kontroversi, terutama di tubuh Polri.
 
Namun bagi Susno, apa yang dilakukannya tidaklah bertentangan dengan aturan yang
ada. Pasalnya, dia datang sebagai pribadi sehingga sebenarnya tidak perlu izin.
 
Mengenai pakaian seragamnya yang dipersoalkan, Susno balik bertanya, “Apakah kalau dilarang, pakai baju preman?” (lsi)