Kasus Susno, Mabes Polri Kok Salahkan Media

JAKARTA – Tidak ada masalah antara Komjen Pol Susno Duadji dengan institusinya, Mabes Polri. Jika terlihat terdapat masalah, itu karena media yang membesar-besarkannya.

“Sebetulnya kan Susno tidak ada masalah. Yang membuat masalah itu media yang sedemikian rupa. Kami melakukan klarifikasi, dari hasil klarifikasi itu tidak ada masalah,” tegas Kabag Intelkam Mabes Polri Irjen Pol Saleh Saaf di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2010).

Pada dasarnya, sejak awal tidak ada masalah antara Susno dengan Mabes Polri, dan tidak ada istilah Pak Susno berseberangan dengan Kapolri atau Mabes Polri.Terkait, kehadiran Susno di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, juga tidak menjadi masalah. Karena mantan Kabareskrim itu hanya memberikan keterangan sebagai orang yang diundang untuk bersaksi dalam persidangan.Berbagai media massa memberitakan, Susno hadir dalam persidangan kasus pembunuhan Nasruddin Zulkarnaen sebagai saksi yang meringankan bagi terdakwa Antasari Azhar. Saat ditanya soal kehadirannya oleh Jaksa Penuntut Umum, Susno mengatakan dirinya hadir di persidangan sebagai pribadi bukan mewakili institusinya.Namun hal ini kembali dipermasalahkan oleh Jaksa. Pasalnya selain mengenakan seragam dinas lengkap dengan ajudan dan pengawal, Susno juga memberikan keterangan terkait kasus yang ditangani institusinya. Bahkan Susno menyebut Kapolri sebagai orang yang mengetahui perkembangan kasus Antasari.Kurang dari satu hari kemudian, Susno mengatakan fasilitas yang melekat padanya telah ditarik oleh Mabes Polri. Hal tersebut dikatakannya kepada media. Mabes Polri juga membenarkan penarikan fasilitas tersebut saat dikonfirmasi.(hri) (mbs)