Kasus Anggodo Tak Akan Diambil Satgas

JAKARTA – Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum bergerak dalam bidang pemberantasan praktik jual beli kasus, pemerasan, suap menyuap dalam perkara hukum. Namun untuk kasus Anggodo Widjojo, Satgas tak menangani.
 
 

“Kalau Anggodo itu berkenaan dengan kasus yang sudah ditangani oleh KPK, dan kami Satgas Pemberantasan Mafia Hukum tidak memfokuskan pada kasus-kasus semacam itu,” ujar Ketua Satgas Kuntoro Mangkusubroto usai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/1/2010).

 
Seperti diketahui, Anggodo disebut-sebut telah melakukan upaya suap terhadap pimpinan KPK terkait kasus yang tengah menjerat kakaknya, Anggoro Widjojo.
 
Hal ini mencuat setelah pemutaran rekaman pembicaraan dalam sidang uji materi UU KPK di Mahkamah Konstitusi pada November 2009 lalu. Diduga Anggodo melakukan pembicaraan dengan oknum pejabat kejaksaan dan Polri dalam upaya mengkriminalkan KPK.
 
Kuntoro menegaskan, timnya lebih menekankan kepada aspek yang bersifat sistem, membangun prosedur, menyiapkan SOP. Walaupun demikian, jika dalam prosesnya nanti ditemukan hal-hal serupa seperti kasus Anggodo tentunya akan diolah untuk bekerja sama dengan Kejagung, Polri, dan KPK.
 
“Kami akan menuntaskan permasalahan-permasalahan itu,” tandas dia. (lsi)