Kapolri Kasus Susno Urusan Internal!

JAKARTA – Nasib Komjen Susno Duadji setelah hadir dan memberikan kesaksiannya pada sidang Antasari Azhar, makin tak jelas. Susno dinilai melanggar kode etik profesinya. Namun dia masih berstatus sebagai anggota aktif Polri.
 

Polri berjanji akan mengusut kesaksian Susno tersebut. Balakangan diketahui Kabag Intelkam Polri Irjen Saleh Saaf datang ke kediaman Susno. Kedatangan Saleh Saaf disebut-sebut untuk ‘berdamai’ dengan Susno.

 
Namun berbeda dengan pernyataan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD). BHD menegaskan Polri akan mengusut tuntas kasus tersebut.
 
“Kita akan selesaikan secara internal, beri kita kesempatan untuk menyelesaikan secara internal,” ungkap BHD saat dikonfirmasi wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (13/1/2010).
 
Namun teka-teki ‘sanksi’ bagi Susno terus bergulir. Susno pun mengaku siap jika sewaktu-waktu dicopot dari jabatannya.
 
“Ya serahkan ke internal dong. Nggak harus kita sampaikan ke publik dulu,” pungkasnya.
 
Seperti diketahui, Susno sempat membuat kegegeran dengan hadir dan bersaksi di persidangan Antasari Azhar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam kesaksiannya, Susno buka-bukaan soal BAP Williardi Wizar, terdakwa lain dalam kasus yang sama.
 
Kehadiran Susno bahkan tanpa seizin Kapolri sebagai atasannya. Dalam persidangan Susno mengungkapkan, dirinya tidak mewakili institusi, namun mewakili pribadi. Mabes Polri menganggap kehadirannya melanggar kode etik kepolisian.
  (lam)