Kapolri Kasus Susno Duadji Selesai Pekan Depan

JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri meminta tim khusus untuk segera menyelesaikan kasus etik dan disiplin yang dilakukan mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji.

“Saya sudah perintahkan agar segera dilakukan langkah yang tepat dan cepat, sehingga minggu depan sudah bisa diputuskan,” ujarnya usai salat Jumat di masjid kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (8/1/2010).

Masyarakat juga meminta masyarakat tenang dan menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut kepada Polri. “Karena ini masalah di internal polisi. Terutama kita berharap untuk yang kita lakukan ke dalam itu bisa kita beritahukan secara transparan,” jelasnya.“Karena apa pun yang disampaikan jenderal Susno yang bersangkutan masih perwira aktif Polri yang harus tunduk dan dengan aturan perundang-undangan, yakni UU No12/2002 tentang disiplin anggota Polri maupun etika dan profesi Polri,” tambahnya.Kapolri juga mengaku sudah memerintahkan Wakapolri untuk mengawasi dan menindaklanjuti hal ini. “Juga tim yang dipimpin oleh Irwasum, Kadis Propam dan Dinkum Polri untuk mengawasi dan menindaklanjutinya,” ujar Kapolri.Mengenai penarikan pengawal dan mobil dinas Susno, menurut Kapolri penarikan itu ada kaitannya dengan jabatan Kabareskrim yang dulu dijabat Susno. “Tentunya harus ada pengembalian aset dulu dan akan disesuaikan. Misalkan kabareskrim tentu akan disesuaikan,” pungkasnya. (ded)