Kapolri Enggan Komentar Kasus Susno

JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri enggan menjelaskan secara detail kelanjutan kasus dugaan pelanggaran kode etik dan disiplin oleh Komjen Pol Susno Duadji.

Kapolri berkilah, penjelasan sudah disampaikan oleh Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang. “Itu kan sudah dijelaskan oleh kadiv humas,” ujar BHD usai acara peluncuran Zero Toleransi Narkoba di Terminal 2 D, Keberangkatan Luar Negeri, Bandara Sukarno Hatta, Tangerang, Rabu (20/1/2010).

Saat ditanya mengenai apakah perkara mantan Kabareskim Komjen Pol Susno Duadji telah menemui babak final, Kapolri menegaskan tengah diproses di dalam tubuh polri. “Itu urusan internal,” tukasnya.Kehadiran Susno sebagai saksi meringankan terdakwa pembunuh Nasrudin Zukarnaen, Antasari Azhar sempat menuai polemik di tubuh Polri. Bahkan Kapolri sempat memerintahkan Irwasum untuk memimpin proses penyelidikan atas dugaan pelanggaran kode etik dan disiplin.Belakangan Kabaintel Irjen Pol Saleh Saaf mengaku diperintahkan Kapolri untuk memimpin tim klarifikasi terkait kehadiran Susno Duadji di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dari klarifikasi tersebut  Saleh mengaku tidak menemukan unsur pelanggaran kode etik dan disiplin. (ful)