Kantong Darah di Depok Terinfeksi HIVAIDS

DEPOK – Sejumlah kantong darah di PMI Cabang Kota Depok terbukti terinfeksi sejumlah penyakit, di antaranya HIV/AIDS, Hepatitis, hingga penyakit kelamin.

Sebanyak satu kantong darah terinfeksi virus HIV/AIDS, tujuh kantong darah terinfeksi penyakit hepatitis, dan satu kantong darah terinfeksi penyakit sipilis.

Pelaksana Unit Transfusi Darah PMI Cabang Kota Depok, Kartono mengatakan, kantong-kantong darah tersebut berasal dari para pendonor yang memang tidak mengetahui adanya penyakit di dalam tubuh mereka.Kartono menambahkan, pihaknya tidak berwenang memberitahukan kepada pendonor yang terbukti mengidap virus HIV/AIDS.“Kami tidak berwenang, itu sudah kode etiknya. Bahkan ada pendonor yang sengaja menyebarkan virus tersebut. Harusnya pendonor menyadari kalau sedang dalam keadaan tidak sehat. Kami saja kalau merasa pilek atau flu badan sudah nggak enak, apalagi AIDS atau hepatitis,” katanya kepada wartawan di RSUD Sawangan Depok, Sabtu (16/1/2010).Sebelum diberikan kepada pasien, kata Kartono, pihaknya pasti melakukan uji lolos penyakit melalui tes screening. Jika tidak memenuhi syarat, lanjut Kartono, tentunya kantong darah tersebut tidak lolos tes, dan PMI Depok memberikan surat rekomendasi kepada Dinas Kesehatan dan PMI Pusat.“Nggak boleh sampai masuk ke tubuh pasien sehat, bisa fatal. Kami kan para petugas juga disumpah. Jadi yang sudah-sudah pasti tidak akan lolos begitu saja, pasti ada tes screening,” tegasnya.(hri)