Kampus Unitomo Terbakar, Ratusan Mahasiswa Panik

SURABAYA – Salah satu ruang kuliah di lantai dasar Kampus Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya dilalap si jago merah sekira pukul 14.15 WIB tadi. Akibatnya, ratusan mahasiswa yang tengah kuliah berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Kuat dugaan kebakaran dipicu korsleting listrik. Kapolsek Sukolilo, AKP Meity Manusa menyatakan, dugaan sementara percikan api berasal dari dalam salah satu ruang kuliah yang kosong. “Kami belum mengetahui barang elektronik apa yang mengalami korsleting,” ujarnya di lokasi kejadian, Jalan Semolowaru, Surabaya, Jumat (22/01/2010)

Sebagian saksi mata mengatakan, api berasal dari AC. Untuk itu, polisi akan terus melakukan pemeriksaan saksi lagi dengan mengambil sampel di pusat kebakaran. “Kami belum mengetahui sumber api itu,” lanjut Meity.Pantauan okezone di lapangan, ratusan mahasiswa panik dan berhamburan keluar dari areal kampus. Diketahui sebuah ruang kuliah di lantai dasar gedung F Unitomo Surabaya, ludes terbakar. Api pertama kali terlihat oleh satpam kampus dari kepulan asap di ruang kuliah.Humas Unitomo, Dandik Patria menjelaskan, posisi ruang kuliah semula dalam kondisi terkunci, namunnya akhirnya satpam kampus dibantu pegawai lain mendobraknya. “Selain mendobrak, kami juga menghubungi pihak kepolisian dan petugas PMK,” jelasnya.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun kebakaran mengakibatkan kegiatan perkuliahan lumpuh total. Sedikitnya tiga unit mobil pemadam kebakaran (PMK) Kota Surabaya melakukan pemadaman di lokasi kejadian. Api yang membakar ruang kuliah berhasil dipadamkan 30 menit setelah api membesar. (ful)