Kambing Berkaki Tiga Hebohkan Warga

BANGKALAN – Warga Dusun Buluh Duko, Desa Buluh, Kecamatan Socah, Bangkalan, Madura, digegerkan dengan kelahiran kambing berkaki tiga.

Kini, kambing milik Hasyim (35) yang lahir pada malam tahun baru tersebut menjadi tontonan gratis dari warga setempat.

Dari pengakuan pemilik, proses persalinan kambing itu tergolong sulit. Kambing itu lahir paling belakangan dari saudaranya. “Saat lahir pertama, kambing yang keluar normal dan yang terakhir ternyata aneh, hanya berkaki tiga,” ujar Hasyim, Minggu (3/1/2010).

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani tersebut menjelaskan, pihaknya sama sekali tidak punya firasat apa pun sebelum kambing tersebut lahir. Beruntung, meski lahir dengan keadaan yang tidak normal, sejauh ini kambing tersebut masih dalam keadaan sehat.

Kambing dengan kaki depan satu tersebut mendapat perawatan secara khusus dari Hasyim. Untuk menopang tubuhnya, anak kambing tersebut harus menungging dengan posisi kaki depan yang hanya satu, itu pun harus terlebih dulu menekuk di tanah.
 
“Kalau mau berdiri, terlihat kesulitan dan terpaksa kami papah. Tapi untuk kondisi secara keselurahan normal,” tegasnya. (ton)