Kamar Penuh Alasan RS Belum Rawat Rizky

TANGERANG – Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang mengaku hingga kini belum dapat menangani Muhammad Rizky Lubis, bayi yang perutnya membesar akibat tidak memiliki dinding perut. Rumah Sakit menjelaskan seluruh kamar sudah penuh.

Ini diungkapkan Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSU Tangerang, Ahmad Mukhlis kepada okezone di Tangerang, Rabu (17/2/2010).

“Itu karena kamar kelas I, II, dan III di RSU Tangerang penuh. Kami berjanji akan memberitahu keluarga Rizky bila ada kamar kosong, dan kami akan melakukan rawat inap terhadap Rizky,” kata Ahmad.Sementara untuk perawatan di rumah sakit, Ahmad menjamin akan ditanggung Pemkab Tangerang melalui dana bantuan sosial. “Karena keluarga Rizky memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas),” tegasnya.Untuk perawatan Rizky selanjutnya, tambah Ahmad, rumah sakitnya akan bekerja sama dengan RS Cipto Mangunkusumo. Ahmad berdalih, rumah sakitnya tidak memiliki alat yang cukup lengkap.“Kami akan melakukan konsultasi dengan dokter ahli karena Rizky harus di operasi. Kami akan rujuk Rizky ke RSCM yang memiliki peralatan dan fasilitas lebih lengkap, penyakit Rizky sangat mirip dengan kasus Bilqis”, tambahnya.Sebelumnya, Rizky divonis oleh dokter tidak memiliki dinding perut. Sehingga pihak rumah sakit harus membuat dinding perut implant agar hati dan empedu Rizkuy tidak membengkak.Untuk itu, diperlukan dana sekira Rp700 juta agar operasi tersebut dapat dilaksanakan. Malangnya, Rizky kini hanya tinggal di rumah, karena tidak kebagian ruang inap.(kem)