Kalapas Tidak Ada Perlakuan Khusus untuk Ayin

JAKARTA – Meski terang-terangan ada perlakuan istimewa di dalam tahanan, Kepala Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Sarjo Wibowo membantah jika Artalyta Suryani mendapat perlakuan khusus dari pihak rutan.

“Perlakuan khusus itu tidak ada karena bon-bonnya ada. Lebih dari 1.100 tahanan tidak ada perlakuan khusus di ruang tahanan,” ujar Sarjo Wibowo kepada wartawan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Senin (11/1/2010).

Selain Sarjo, Dirjen Lapas Departemen Hukum dan HAM Untung Sugiono yang menggelar sidak di Rutan Pondok Bambu juga membantah jika fasilitas di dalam ruang tahan Ayin dibilang mewah.”Kalau saya pikir, sekarang fungsi ruangan ini sudah benar. Kalau toh terselip ada beberapa fasilitas pribadi, tapi itu masih dalam batas wajar dan tidak merugikan orang lain,” ungkap Untung.Uniknya, pernyataan dua pejabat tersebut bertentangan dengan apa yang terlihat di Rutan Pondok Bambu.Saat sidak, para wartawan yang juga diajak berkeliling sempat melihat ruang tahananan yang dihuni Artalyta Suryani alias Ayin di Blok Anggrek Nomor 1 A. Fasillitas di kamar Ayin terlihat mewah. Terdapat berbagai furnitur yang seharusnya tidak ada di ruang tahanan.Wartawan yang melihat langsung, membuktikan temuan tim tadi malam benar adanya. Pantauan di lokasi, fasilitas di kamar Ayin, di antaranya springbed double bed, TV layar datar, AC portable, kloset kamar mandi pribadi, serta sebuah alat fitness.  (lam)