Kakanwil Hukum HAM Wajib Lapor Setiap Pekan

JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar memastikan segera memanggil seluruh kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Hal ini dilakukan menyusul temuan fasilitas mewah di sel terpidana Artalyta Suryani alias Ayin di Rutan Pondok Bambu Jakarta Timur.

“Ke depan kita akan panggil seluruh kepala kantor wilayah. Nanti akan diberikan petunjuk. Seluruh kepala Kanwil harus melaporkan seluruh kejadian di lapas setiap minggu ke dirjen pemasyarakatan,” ujar Patrialis di kantornya, Senin (11/1/2010).

Politisi PAN ini juga mengancam akan memberikan sanksi tegas kepada bawahannya, jika temuan itu terulang di kemudian hari.“Kalau hal ini terjadi lagi, tentu akan kami tindak tegas. Sanksinya bisa administrartif, penurunan jabatan, kalau pecat ini tergantung dari besar kecilnya kesalahan. Kita punya mekanisme dan ada pertimbangannya,” jelasnya.Kegeraman Menkum HAM ini dipicu oleh temuan tim pemberantas mafia peradilan yang menemukan sejumlah fasilitas mewah di kamar yang dihuni oleh Ayin, Minggu malam.Selain Artalyta, terpidana kasus narkoba Limarita, juga turut dimanjakan dengan fasilitas mewah di ruang tahanannya. Ruang tahannya dilengkapi ruang khusus karaoke. Selain itu ada juga furnitur mewah. (ded)