Kadung Malu, Dirjen Lapas Pamer Rutan Pondok Bambu

JAKARTA – Setelah tertangkap mata adanya fasilitas mewah yang diperoleh para narapidana di Rutan Pondok Bambu, Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan (Dirjen Lapas) Depkum HAM mengajak wartawan untuk melihat langsung fasilitas mewah tersebut.

“Kami ajak ke sini, biar tak ada lagi yang ditutup-tutupi, transparan. Nanti ada keterangan resmi di Depkumham. Jadi kami harus berkoordinasi dengan Pak Menteri,” katanya Drijen Lapas Depkum HAM Untung Sugiono.

Hal tersebut dikatakannya, usai mengajak para wartawan “tamasya” di Rutan Pondok Bambu Jakarta Timur, Senin (11/1/2010).Dirjen juga membawa para wartawan ke kamar tahanan terpidana kasus suap terhadap Jaksa Urip, Artalyta Suryani atau Ayin, di Blok Anggrek Nomor 1 A. Seperti diketahui, fasillitas Ayin diketahui oleh Satgas Antimafia Peradilan tadi malam saat melakukan inspeksi mendadak.Wartawan yang melihat langsung, membuktikan temuan satgas tadi malam benar adanya. Pantauan di lokasi, fasilitas di kamar Ayin di antaranya, springbed double bad, tv flat, AC portable, klosetĀ  kamar mandi pribadi, serta sebuah alat fitnes.Ayin yang tidak mengenakan pakaian tahanan, sedang berada di dalam kamar mewahnya, saat Dirjen Lapas dan para wartawan “membesuknya”. Bahkan Ayin hanya menunduk, tak berani menegakkan kepalanya.Saat diserbu berbagai pertanyaan dari para wartawan, Ayin tak berani menjawab. Dia masih dalam posisi semula menundukkan kepalanya. Pertanyaan para wartawan yang datang bertubi-tubi itupun akhirnya tak terjawab hingga waktu kunjungan habis.(hri) (mbs)