Kabel PLN Kena Jangkar Kapal, Madura Padam Total

SURABAYA – Aliran listrik ke Pulau Madura sempat putus akibat kabel bawah laut (sub marine cable) PLN tersangkut jangkar kapal Kirana 3 milik Dharma Lautan Utama.

“Akibatnya Madura sempat mengalami blackout alias padam total,” kata Sri Sukesih juru bicara administratur Pelabuhan Tanjung Perak, Selasa (5/1/2010).

Peristiwa terjadi Senin malam sekira pukul 22.15 WIB. Saat itu diperkirakan KM Kirana 3 sedang mengangkat jangkar di sekira 2,5 kilometer dekat bibir pantai Madura. Namun jangkar menyangkut ke kabel PLN sehingga putus.Akibatnya saat itu juga Madura mengalami blackout. Namun pada Selasa sekira pukul 01.45 WIB, aliran listrik kembali normal. Ini karena PLN menggunakan kabel listrik cadangan.Ini bukan kasus pertama, pada Agustus 1999 silam, jangkar kapal Anoman VII tersangkut kabel di 112 derajat 40 menit dan 30 detik bujur timur. Kejadian ini sempat membuat panik berbagai kalangan meski tidak sampai membuat seluruh Madura padam.Pada Februari tahun yang sama jangkar Kapal Kota Indah juga mengenai jangkar. Saat itu seluruh Madura padam total. (ton)