JPU Protes Kuasa Hukum Antasari Singgung Jabatan

JAKARTA – Ketua Jaksa Penuntut Umum Cirus Sinaga protes terhadap pertanyaan tim kuasa hukum Antasari Azhar, yang dinilai menyangkut jabatan dirinya dan Antasari Azhar saat di Kejaksaan.
 
 

Sebelum menjabat sebagai Ketua KPK, Antasari menjabat sebagai direktur pidana umum dan Cirus sebagai bawahannya yakni penuntut umum.

 
“Selama menjadi direktur penuntut umum, beliau (Cirus) sudah berapa lama di bawah saudara,” tanya salah satu kuasa hukum Antasari, Hotma Sitompul dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta, Selasa (12/1/2010).
 
Antasari menjawab, “Nggak lama”.
 
Kemudian Hotma kembali bertanya, apakah selama berada di bawah Antasari, terjadi gesekan antara Antasari dan Cirus.
 
Belum juga Antasari menjawab, JPU Cirus langsung memotong dan memprotes hal itu kepada majelis hakim. “Keberatan majelis, ini menyangkut masalah jabatan saya dengan yang bersangkutan. Ini sudah masuk wilayah jabatan kami,” tegas Cirus.
 
Tak mau kalah, Hotma pun mengomentari protes Cirus. “Ini ditanya untuk objektifitas, kenapa mesti keberatan, kalau tidak ada apa-apa ya kenapa mesti keberatan,” tandasnya.
 
Usai mengkonter Cirus, Hotma pun melanjutkan pertanyaannya ke Antasari mengenai kemungkinan adanya gesekan antara kliennya dengan Cirus.
 
“Tidak ada. Sebab Cirus di bawah saya tidak lama, karena saya langsung mengikuti fit and propertest sebagai Ketua KPK,” ujar Antasari. (lsi)