JK Minta Ribuan Stok Kompor Mitan PMI Dibuang

GRESIK – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla minta ribuan stok kompor minyak tanah (mitan) tradisional di Gudang Logistik PMI, Jalan Raya Permata Perum Bunder Asri, dibuang.

JK menemukan ribuan kompor mitan saat meninjau gudang logistik PMI. Jumlahnya mencapai 7.360 unit yang ditumpuk dalam dua kelompok. Kelompok pertama sebanyak 2.749 unit dan tak jauh dari kelompok itu ada 4.611 unit kompor mitan.

“Masak saat ini sudah konversi, masih memakai kompor mitan tradisional. Justru ini menghambat daerah pertolongan bencana,” tegas JK di sela-sela peninjauan stok logistik di gudang PMI Bunder Gresik, Jumat (5/2/2010).
JK sendiri merupakan salah satu penggagas konversi energi dari minyak tanah ke gas saat masih menjadi Wakil Presiden di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Menanggapi hal itu, M Khusairi selaku Kepala Gudang PMI Gresik, hanya tersenyum. Dia menjelaskan bila kompor mitan itu merupakan stok lama. “Kami akan membuat laporan terkait permintaan tersebut. Kalau memang sudah dibutuhkan ya diganti,” tugasnya.
JK sendiri tidak menjawab pertanyaan wartawan terkait tujuan kunjungan tersebut. Hanya sepintas JK menegaskan, bila kunjungan itu dilakukan dalam rangka pengecekan logistik untuk persiapan penanggulangan bencana Indonesia Timur.
“Ini bagian dari persiapan logistik saja,” ujarnya.
Kunjungan itu juga diikuti Indra J Piliang, Fahmi Idris, Ketua PMI Jawa Timur Alisjahbana, beserta PMI Cabang Gresik. Tampak pula Bupati Robbach Ma’sum dan Muspida Gresik. (ton)