JK Kumpulkan 12 Mantan Menteri di Makassar

MAKASSAR – Peresmian Wisma Kalla oleh Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla bertaburan Mantan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Pertama. Sedikitnya, 12 orang mantan menteri dan pejabat setingkat menteri yang hadir di acara peresmian gedung perkantoran bertingkat 15 di Jalan Ratulangi Makassar, Senin (18/1/2010).

Para mantan menteri itu tiba di Makassar dalam dua gelombang. Gelombang pertama tiba Minggu (17/1/2010) sore sebanyak empat orang.

Mereka adalah mantan Menteri Hukum dan HAM Andi Mattalatta, mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris, mantan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dan mantan Kepala Badan Intelijen Negara Syamsir Siregar serta mantan Wakil Ketua MPR Aksa Mahmud.Mereka sempat bersilaturahmi dengan JK di kediaman pribadinya Jalan Haji Bau Makassar Minggu malam.Gelombang kedua tiba di Makassar Senin pagi. Mereka adalah mantan Menteri Kesehatan Siti Fadhilah Supari, mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta, mantan Menteri Tenaga Kerja Erman Suparno, mantan Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal, mantan Menteri Perumahan Rakyat Muhammad Jusuf Asy’ari, mantan Menteri Pertanian Anton Anton Apriyantono, mantan Menteri Komunikasi dan Informasi Sofyan Djalil, mantan Menteri Sosial Bachtiar Hamzah dan mantan Menteri Pertahanan Widodo AS.Dalam sambutannya JK mengaku mengundang para mantan menteri itu untuk hadir di acara tersebut. Menurutnya, kehadiran mereka tak ada hubungannya dengan masalah politik di negeri ini.“Kami mau reuni di Makassar, sekalian berkumpul bersama dan menikmati kota kelahiran Saya,” tutur JK.JK juga mengajak para mantan menteri itu untuk tetap memperhatikan kondisi bangsa ke depan. Menurutnya, tanpa menjadi pejabat negara pun, karya dan pengabdian kepada negara masih bisa diberikan.Sementara itu, mantan Menteri Pertanian KIB I Anton Apriyantono dalam kesempatan yang sama mengaku mendapatkan undangan resmi dari JK. Pada dasarnya, kata Anton, masing-masing elemen bangsa harus berpartisipasi dalam pembangunan. “Jangan berfikir bahwa negeri ini hanya dibangun pemerintah saja. Peran serta masyarakat secara keseluruhan itu penting demi kemajuan bangsa,” jelas Anton.Dalam kesempatan serupa mantan Menteri Hukum dan HAM Andi Mattalatta mengaku diundang JK untuk hadir. “Saya diundang JK untuk hadir sekalian untuk pulang kampung,” ujarnya.Para mantan menteri diajak berkeliling di dalam gedung yang dibangun dengan konstruksi hemat energi itu.Setelah itu JK mengajak mereka berkunjung ke Trans Kalla (Trans Studio). Beberapa di antara mereka sempat menikmati permainan yang ada di wahana indoor terbesar di Indonesia tersebut.Para mantan menteri dijadwalkan meninggalkan Makassar Senin sore pukul 16.00 Wita.(fit)