JK Foto Bareng Menteri KIB I di Makassar

MAKASSAR – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan rapat “kabinet” di Makassar. Rapat yang juga berlangsung sesi foto bersama itu terjadi di lantai 14 Wisma Kalla, Jalan Ratulangi, Makassar, Senin (18/1/2010).

Kegiatan tak terencana itu bermula, saat JK dan undangan melakukan penijauan ke lantai 14 Wisma yang dibangun sejak tahun 2007 tersebut. Tamu JK dalam peresmian itu di antaranya adalah 12 mantan menteri dan pejabat setingkat menteri Kabinet Indonesia Bersatu Pertama yang pernah menjadi anak buahnya.

JK membawa tamu dan keluarganya berkeliling ruangan lantai 14. Mulai dari ruang staf, ruang komisaris hingga ruang meeting. Saat memasuki ruan gmeeting itulah, secara berkelakar JK memanggil para mantan menteri itu untuk berkumpul dalam satu meja pertemuan.”Ayo, ayo kita foto bersama, seakan-akan sedang meeting. Mumpung sedang berkumpul untuk reuni seperti ini,” ajak JK kepada para tamunya.Akhirnya para panitia dan Paspampres harus memanggil satu demi satu lagi para mantan pejabat tinggi Negara yang sudah berbaur dengan tamu lainnya menuju lift. Bahkan saat itu, mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dan Mantan Kepala Badan Intelijen Negara Syamsir Siregar telah berada dalam lift untuk turun ke lantai dua dalam rangkaian jamuan makan siang.”Tolong panggil kembali yang lain, ayo Pak Anton, Pak Widodo, Ibu Meutia dan yang lainnya. Masuk, masuk, kita buat kenangan seakan-akan sedang rapat bersama,” ujar JK sambil tertawa lebar.Akhirnya kedua belas mantan anggota KIB I itu terkumpul di ruangan berukuran 3x 5 meter tersebut. JK mengambil tempat duduk di ujung meja seakan-akan memimpin rapat.Di samping kanannya berjejer Hassan Wirayuda, Widodo AS, Syamsir Siregar, Fahmi Idris, Bachtiar Chamsyah, dan Muhammad Yusuf Asy’ari. Sedangkan di samping kirinya berjejer Meutya Hatta, Andi Mattalatta, Anton Apriyantono, Siti Fadhilah Supari, Sofyan Djalil, dan Jusman Sjafi’i Djamal.Mereka lalu berbincang bersama seakan-akan sedang rapat kabinet. JK seolah-olah membuka rapat, namun diiringi gelak tawa lepas “kabinet”-nya itu. Para kuli tinta mengabadikan mome ini dengan cepatnya. (hri)